September 16, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

KLBF perkirakan margin usaha membaik

Britama.com – Kalbe Farma Tbk (KLBF) memperkirakan margin usaha membaik di kuartal II/2019 didorong kenaikan penjualan obat bebas seiring momentum Ramadan dan Lebaran.

Pada tahun ini perseroan mempertahankan target pertumbuhan penjualan bersih sebesar 6%-8% dengan proyeksi pertumbuhan laba bersih pada kisaran yang sama.

Adapun, target margin laba operasional ditetapkan pada tingkat 14,5% – 15,5%. Per kuartal I/2019, penjualan KLBF naik 6,99% menjadi Rp5,37 triliun.

Adapun, laba usaha tumbuh 1,3% menjadi sebesar Rp794,5 miliar. Rasio laba usaha mencapai 14,8% atau mengalami penurunan dari 15,6%. Turunnya margin usaha di kuartal I/2019 karena faktor kurs dan portofolio pendapatan. Pendapatan pada periode itu lebih banyak dikontribusikan dari bisnis distribusi dan logistik yang memiliki margin tipis.

Meski demikian, perseroan meyakini margin usaha hingga akhir tahun akan membaik dan mencapai target. Pada tahun ini Perseroan akan meningkatkan kontribusi penjualan ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Fokus KLBF juga ada pada peningkatan produksi produk bioteknologi melalui research n development (R&D).

Perseroan akan berkolaborasi dengan China dan Korea Selatan. Pengembangan produk bioteknologi merupakan keunggulan KLBF untuk itu perseroan mengalokasikan Rp250 miliar-Rp300 miliar untuk research and development.

Related posts