November 20, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

BBRI setuju restrukturisasi KRAS melalui 3 tahap

Britama.com – Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) telah menyetujui 3 tahapan restrukturisasi utang Krakatau Steel Tbk (KRAS).

Saat ini proses skema penyelesaian kewajiban itu masih menunggu bank swasta dan asing tanda tangan perjanjian induk restrukturisasi (master restructuring agreement/MRA) baru proses lebih lanjut akan mulai berjalan setelah semua bank menandatangani.

Adapun 3 tahapan tersebut adalah KRAS akan memenuhi kewajiban dalam 3 tahap, yakni A, B, dan C. Skema tahap A berfokus pada perbaikan kinerja Krakatau Steel. Normalisasi operasional perusahaan dari kondisi saat ini yang mengalami kerugian, diharapkan membuat perusahaan mampu membayar kewajiban kredit.

Selanjutnya pada tahap B, KRAS akan menjual aset sejumlah anak usaha serta fixed asset yang tidak berkaitan langsung dengan operasional. Kemudian sisa utang akan dilunasi melalui tahap C, yakni penerbitan convertible bond yang dapat dikonversi dengan saham melalui mekanisme hak memesan efek terlebih dahulu.

Sebelumnya KRAS tengah mengupayakan restrukturisasi utang dengan total nilai USD2,2 miliar. Sebanyak USD1,13 miliar di antaranya merupakan pinjaman jangka pendek.

Related posts