Desember 07, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

TAXI putuskan tidak membagikan dividen

Britama.com – RUPST (Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan) Express Transindo Utama Tbk (TAXI) memutuskan tidak membagikan dividen karena masih membukukan rugi pada tahun buku 2018 sebesar Rp830,7 miliar.

Kerugian tersebut dikarenakan persaingan menghadapi perusahaan penyedia angkutan berbasis aplikasi. Untuk tahun ini perseroan akan fokus menjual semua jaminan obligasi untuk dikembalikan kepada pemegang obligasi setiap 3 bulan.

Hal ini merupakan bentuk jaminan kepada pemegang obligasi. Dikonversi tahap II perseroan mencicil Rp600 miliar, sehingga pada akhir 2020, jumlah obligasi tersebut akan dikonversi ke saham. Perseroan juga berencana melakukan private placement senilai Rp10 miliar saham baru.

Private placement tersebut mengubah sebagian utang Obligasi I Express Transindo Utama Tahun 2014 menjadi saham TAXI. Konversi tahap I sebesar Rp400 miliar atau Rp4 miliar saham sudah disetujui pada Februari 2019.

Sementara konversi tahap II sebesar Rp600 miliar atau Rp6 miliar saham berupa perubahan sisa Obligasi I Express Transindo Utama Tahun 2014 menjadi Obligasi Konversi, dapat ditukar dengan jumlah maksimal Rp6 miliar saham.

Kepemilikan saham dari pemegang saham eksisting nantinya akan terkena dilusi minimal sebesar 65,09% apabila konversi tahap pertama selesai dilakukan dan pihak Express Transindo Utama bisa melunasi seluruh pokok Obigasi Konversi senilai Rp600 miliar.

Kemudian jika konversi tahap I dan tahap II berhasil dituntaskan sepenuhnya, kepemilikan saham dari pemegang saham eksisting akan terdilusi maksimal 82,33%.

Related posts