September 16, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

SMGR catat penjualan sebanyak 13,49 juta ton

Britama.com – Semen Indonesia Tbk (SMGR) mencatatkan volume penjualan hingga Juli 2019 untuk pasar semen domestik sebesar 13,492 juta ton. Penjualan tersebut di luar dari Solusi Bangun Indonesia Tbk (SMCB) yang diakuisisi SMGR pada awal tahun ini.

Sementara dari sisi ekspor penjualan perseroan di luar SMCB yang berasal dari fasilitas Indonesia mencapai 1,879 Juta ton. Sementara penjualan domestik SMCB hingga Juli 2019 mencapai 5,396 juta ton. Sedangkan ekspor SMCB mencapai 240.060 ton.

Tercatat kontribusi SMCB terhadap volume penjualan grup SMGR mencapai 26,5% atau 5,636 juta ton. Selain itu beberapa bentuk sinergi secara grup yang mampu diinisiasi sejak bergabungnya SMCB dapat menekan biaya penjualan diantaranya, pengadaan batubara yang lebih terintegrasi pada level grup sehingga mendapatkan harga yang lebih baik dan kompetitif, menata ulang jaringan distribusi secara grup guna memastikan margin yang optimal sekaligus menekan biaya layanan yang harus dikeluarkan perusahaan serta pengurangan faktor klinker.

SMGR berupaya meningkatkan penjualan ekspor semen ke pasar Filipina dan China. Langkah ini sebagai strategi untuk menanggulangi pasar semen di Asean yang kelebihan pasokan.

Perseroan akan mengarahkan produksi pabrik semen melalui Thang Long Cement Joint Stock Company (TLCC) di Vietnam untuk diekspor ke pasar Filipina dan China.

Related posts