September 23, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Pefindo memberikan idA ke VRNA

Britama.com – Pefindo menegaskan peringkat idA kepada Verena Multi Finance Tbk (VRNA) dan MTN II/2017 yang masih beredar.

Prospek untuk peringkat korporasi tersebut adalah stabil. Surat utang sebesar Rp100 miliar tersebut akan jatuh tempo pada 5 Desember 2019. Kesiapan perseroan dalam memenuhi kewajiban MTN yang jatuh tempo didukung oleh penerimaan piutang pembiayaan sekitar Rp132 miliar per bulannya, serta kas dan setara kas sebesar Rp119,1 miliar pada 30 Juni 2019.

Adapun peringkat tersebut merefleksikan dukungan yang kuat dari pemegang saham mayoritas, permodalan yang sehat, serta profil manajemen aset liabilitas dan fleksibilitas keuangan yang kuat. Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh profitabilitas dan kualitas aset yang lemah, serta tekanan pertumbuhan pada pembiayaan baru.

Peringkat dapat dinaikkan apabila Pefindo melihat dukungan yang lebih tinggi dari IBJ Leasing Co Ltd (IBJ Leasing) yang berasal dari peningkatan kontribusi Perusahaan yang konsisten terhadap Induk karena meningkatnya profil bisnis dan keuangan.

Namun, peringkat dapat diturunkan apabila terdapat bukti penurunan tingkat dukungan dari Induk, seperti penurunan material dalam jumlah kepemilikan atau menurunnya tingkat kepentingan Perusahaan terhadap IBJ Leasing secara substansial karena menurunnya posisi pasar, indikator kualitas aset atau profitabilitas.

Related posts