Juli 16, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Pefindo berikan peringkat obligasi WSKT adalah idA-

Britama.com – Pefindo telah menegaskan peringkat idA- kepada Waskita Karya Tbk (WSKT), obligasi berkelanjutan I tahun 2015, obligasi berkelanjutan II tahun 2016, obligasi berkelanjutan II tahun 2017 seri B, dan obligasi berkelanjutan IV tahun 2019 yang belum diterbitkan oleh perseroan.

Pefindo juga telah menegaskan peringkat idA- untuk obligasi berkelanjutan II tahun 2017 seri A senilai Rp747 miliar yang akan jatuh tempo pada 21 Februari 2020. WSKT akan menggunakan kas internal yang bersumber dari piutang perusahaan untuk melunasi obligasi yang akan jatuh tempo tersebut.

Pada 4Q19, WSKT telah menerima Rp21 triliun dari pembayaran turnkey dan Rp1,7 triliun dari divestasi sahamnya di dua jalan tol minoritas di Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono-Kediri. WSKT juga telah menerima pengembalian dana talangan tanah sebesar Rp4 triliun pada 4Q19.

Adapun prospek untuk peringkat perusahaan direvisi menjadi negatif dari stabil untuk mengantisipasi pelemahan lebih lanjut pada struktur permodalan dan proteksi arus kas perusahaan. Peringkat tersebut mencerminkan posisi pasar perusahaan yang kuat di industri konstruksi domestik, marjin keuntungan yang baik karena segmen proyek yang beragam, dan keuntungan sebagai perusahaan konstruksi milik negara.

Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh tingginya leverage keuangan perusahaan, lingkungan bisnis yang cukup fluktuatif pada industri konstruksi, dan risiko yang berkaitan dengan ekspansi agresif perusahaan di bisnis jalan tol dan rencana divestasi. Peringkat dapat diturunkan apabila rasio leverage dan interest coverage WSKT masing-masing tetap berada di atas 10,0x dan di bawah 1,0x, selama 12-18 bulan ke depan dengan kemungkinan terbatas untuk deleveraging.

Prospek dapat direvisi menjadi stabil apabila WSKT memperbaiki leverage dan interest coverage ke tingkat yang dipandang setara dengan peringkat idA- secara berkelanjutan.

Related posts