November 26, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

BESS menargetkan pendapatan tahun ini tumbuh hingga 10%

Britama.com – Batulicin Nusantara Maritim Tbk (BESS) menargetkan pendapatan tahun ini bisa naik sekitar 5%-10% dan disertai kenaikan laba sekitar 5% dari kinerja tahun lalu.

Kondisi pasar batubara tahun 2019 cukup tertekan sehingga berdampak pada kinerja perusahaan yang turun meski masih sesuai dengan target. Meski tak melakukan penjualan batubara, kinerja BESS terdampak dari produksi batubara pelanggan.

Tahun ini optimis bisa mencapai target dengan perkembangan virus corona yang mulai bisa ditangani serta dengan efisiensi. Upaya efisiensi yang dilakukan perseroan dengan penggunaan dana hasil IPO sebanyak Rp 10,02 miliar digunakan untuk membayar sebagian utang kepada PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan terkait pembelian kapal baru.

Dengan pembayaran tersebut diharapkan menurunkan biaya bunga dan mengurangi pokok cicilan. Lalu sebanyak Rp11,28 miliar atau setara 15,35% dari dana IPO digunakan untuk membeli 3 set unit kapal baru 330 tongkang dengan kapasitas 9.000 ton untuk menggantikan kapal sewa.

Selain itu, dana hasil IPO sebanyak Rp17,63 miliar digunakan juga untuk membayar utang tanpa bunga kepada PT Batulicin Enam Sembilan Transportasi yang digunakan untuk pembelian kapal. Lalu sekitar 45,15% dana IPO sisanya digunakan sebagai modal kerja untuk pembayaran utang ke suplier, pembayaran bunga pinjaman dan perawatan kapal. Saat ini perseroan memiliki 15 kapal tongkang dan 1 kapal landing craft tank.

Related posts