Juni 05, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

PGAS perkirakan akan ada peningkatan pelanggan industri baru di Jawa Timur

Britama.com – Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) memperkirakan akan terdapat peningkatan pelanggan industri baru di Jawa Timur apabila pasokan dan distribusi gas terjamin.

Dengan permintaan di atas 160 mmscfd pada rencana kerja PGN 2020, maka target perseroan untuk penambahan pelanggan industri baru sebanyak 650 pelanggan.

Sementara dalam lima tahun ke depan, perseroan menargetkan volume 1.800 bbtud niaga domestik dapat diwujudkan, salah satunya untuk mendorong produktivitas industri dalam negeri.

Adapun penambahan infrastruktur gas untuk menunjang target tersebut yakni 500 km pipa distribusi untuk eksisting dan perluasan wilayah, 528 km pipa transmisi, 7 LNG Filling Station untuk truk maupun kapal, 5 FSRU, dan 34 mini LNG untuk seluruh sektor pengguna gas bumi. Untuk jaringan gas di Jawa Timur telah mencapai lebih dari 1.900 km.

Di Jawa Timur juga terdapat pusat-pusat industri dan populasi rumah tangga yang cukup padat sehingga pemakaian energi gas bumi cukup tinggi. Volume kebutuhan gas Jawa Timur 150 – 160 bbtud, namun pada 2019 pasokan yang bisa disalurkan sekitar 130 bbtud.

Di sisi lain, untuk mencari solusi kebutuhan gas bumi di Jawa Timur dan untuk meningkatkan ketahanan pasokan gas, pengembangan terminal LNG di Teluk Lamong ditargetkan selesai secara permanen pada tahun 2020 untuk pemenuhan kebutuhan gas di Jawa Timur sebesar 180 mmscfd pada tahun 2023, serta dapat berkembang untuk memenuhi semua kebutuhan gas di Jawa Timur sebesar 600 mmscfd.

Related posts