Juni 04, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

EXCL ubah prioritas anggaran belanja modal

Britama.com – XL Axiata Tbk (EXCL) mengubah prioritas anggaran belanja modal yang pada tahun ini dialokasikan sebesar Rp7 triliun untuk memperkuat jariangan demi mengantisipasi lonjakan trafik pada kuartal II/2020.

Capex akan diprioritaskan untuk menambah kapasitas dan perluasan jaringan seperti dengan upgrade site dan memperkuat core system hingga 100%.

Strategi ini dilakukan untuk mengantisipasi peak traffic seiring dengan implementasi imbauan belajar dan bekerja di rumah selama pandemi COVDI-19 serta periode Ramadan dan Idulfitri pada 2Q20.

Selama masa work from home, EXCL membukukan kenaikan trafik data sebesar 15% dari rata-rata periode normal, bahkan sempat menyentuh 18% pada pekan terakhir Maret 2020.

Sementara pada Ramadan dan Idulftri, trafik data diestimasi meningkat 15-20% dari posisi saat ini. Namun, karena pemerintah melarang masyarakat untuk pulang kampung, kokasi peningkatan jaringan juga sedikit bergeser dari jalur mudik ke residensial.

Selain mengubah prioritas site-site jaringan, perseroan juga mengubah pola penggunaan 35 unit base transceiver station (BTS) mobile XL dimana semula ditempatkan di kawasan kumpul seperti rest area dan lokasi pariwisata, menjadi saat ini lebih diprioritaskan ke kawasan residensial dan rumah sakit rujukan COVID-19.

Related posts