September 28, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Peringkat Obligasi MDLN menurun

Britama.com – Pefindo telah menurunkan peringkat Modernland Realty Tbk (MDLN) dan obligasi berkelanjutan I/2015 seri B menjadi idBBB- dari idBBB karena meningkatnya risiko pembiayaan kembali baik dari obligasi domestik senilai Rp150 miliar yang akan jatuh tempo pada 7 Juli 2020 dan obligasi dolar AS senilai USD150 juta yang akan jatuh tempo pada Agustus 2021 karena kemungkinan yang tinggi bahwa MDLN akan bergantung pada pendanaan eksternal untuk menyelesaikan utang yang akan jatuh tempodi tengah lingkungan operasi yang sulit yang disebabkan pandemi Covid-19.

Peringkat tersebut mencerminkan cadangan lahan MDLN yang besar, kualitas aset yang baik, and marjin profitabilitas yang baik. Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh struktur permodalan yang agresif dan proteksi arus kas perseroan yang lemah, risiko pembiayaan kembali yang meningkat, serta konsentrasi proyek dan kurangnya recurring income. Peringkat dapat diturunkan apabila perseroan gagal menyiapkan pembayaran atau mendapatkan pembiayaan kembali atas kedua obligasi tersebut.

Peringkat juga dapat diturunkan apabila MDLN menambah jumlah utang serta tidak dapat mencapai target pendapatan dan EBITDA, yang akan memicu pemburukan profil keuangan.

Sementara Pefindo dapat menghapus peringkat dari CreaditWatch dengan implikasi negatif dan memberikan prospek yang stabil jika MDLN mampu membiayai kembali utang jatuh temponya sehingga akan mengurangi tekanan likuiditas.

Related posts