September 28, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

SSIA dapat peringkat idA- untuk obligasi berkelanjutan I

Britama.com – Pefindo telah menegaskan peringkat idA- untuk Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) dan obligasi berkelanjutan I tahun 2016. Prospek untuk peringkat perusahaan direvisi menjadi negatif dari stabil untuk mengantisipasi profil keuangan yang lebih lemah dari yang diproyeksikan sebelumnya ketika Pefindo melakukan pemantauan terakhir pada 6 Maret 2020 karena wabah corona virus yang telah secara signifikan mempengaruhi operasi hotel SSIA.

Prospek negatif juga mencerminkan tingkat ketidakpastian yang meningkat seputar tingkat dan durasi pandemi serta pengaruhnya terhadap kinerja dan profil kredit perusahaan. Peringkat mencerminkan posisi pasar SSIA di industri konstruksi swasta, aset hotel yang baik, dan ekspektasi Pefindo bahwa kinerja di segmen kawasan industri akan meningkat pada 2-3 tahun ke depan, yang akan memberikan peningkatan margin pada perseroan.

Namun, peringkat dibatasi oleh leverage keuangan yang tinggi, perlindungan arus kas yang moderat, dan sensitivitas bisnis properti dan konstruksi terhadap perubahan ekonomi makro. Peringkat dapat diturunkan apabila Covid-19 berkepanjangan sehingga sulit bagi SSIA untuk membuka kembali hotelnya dan/atau beroperasi seperti sebekum terjadinya Covid-19 serhingga menekat tingkat hunian dan profitabiltias.

Peringkat juga dapat berada di bawah tekanan apabila pemburukan ekonomi akibat Covid-19 akan terus menekan seluruh lini bisnis SSIA, yang ditunjukkan oleh penjualan pemasaran kawasan industry dan raihan kontrak baru konstruksi yang jauh lebih rendah dari yang diharapkan.

Pefindo juga dapat menurunkan peringkat apabila prospek pemulihan lebih lemah dari yang diperkirakan sehingga profil kredit perseroan lebih lemah dari proyeksi Pefindo atau likuiditas SSIA memburuk secara signifikan.

Adapun kemungkinan revisi prospek menjadi stabil dalam waktu dekat terbatas mengingat tingkat ketidakpastian yang tinggi terkait kapan Covid- 19 akan berakhir dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk hotel-hotelnya pulih serta kebutuhan SSIA untuk membiayai kembali obligasi yang akan jatuh tempo pada September 2021.

Namun, Pefindo dapat merevisi prospek menjadi stabil dan menegaskan peringkat jika Pefindo melihat lingkungan operasi telah membaik dan stabil serta Pefindo melihat tindakan mitigasi lebih lanjut oleh SSIA untuk meminimalkan dampak Covid-19.

Related posts