Oktober 27, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Resiko Finansial global semakin meningkat

Dana Moneter Internasional (IMF) dalam laporan yang dipublikasikan kemarin (21/9) menyebutkan, risiko stabilitas finansial global dalam beberapa bulan lalu meningkat dengan nyata. Adalah sangat penting mengambil kebijakan terkoordinasi untuk mencegah penyebaran risiko dan meningkatkan daya tahan risiko sistem finansial.

Ditunjukkan dalam laporan itu, negara-negara pinggir zona euro mengalami gejolak pasar yang baru pada masa belakangan ini; peringkat kredit Amerika Serikat diturunkan; ekonomi global menunjukkan gejala melambat; di zona euro, tekanan krisis utang kemungkinan akan memicu lagi sirkulasi umpan balik negatif antara sistem perbankan dan sektor riil.

IMF menyatakan, zona euro telah mengambil sementara langkah penting untuk menghadapi tantangan dewasa ini, namun di dalam perekonomian yang melakukan penyesuaian kebijakan, serta antara perekonomian yang memberikan dukungan terdapat perselisihan politik sehingga menyebabkan rencana penyelesaian efektif jangka panjang sulit digulirkan; masyarakat semakin curiga apakah mekanisme politik Amerika Serikat mampu mencapai kesepahaman seperlunya mengenai penyesuaian kembali fiskal jangka menengah yang teramat penting bagi kestabilan global. Maka penyusunan kebijakan penyesuaian kembali untuk mencegah penyebaran risiko dan meningkatkan daya tahan risiko lembaga keuangan merupakan suatu tugas yang mendesak.

Related posts