November 14, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Krisis Uni Eropa mulai meluas

Merebaknya krisis utang Eropa membuat investor khawatir akan situasi di Yunani dan Italia, dan sempat menimbulkan gejolak di pasar keuangan Amerika dan Eropa kemarin (11/6), harga saham di bursa ditutup dengan penurunan tajam.

Kelompok euro beberapa waktu lalu mengumumkan pemberian dana talangan sebesar 100 miliar euro kepada Spanyol, namun analis berpendapat bahwa bantuan dalam jumlah besar akan sulit menyelamatkan situasi ekonomi Spanyol yang memburuk. Selain itu, pihak resmi Italia kemarin mengkonfirmasi ekonomi negara tersebut sudah mengalami resesi, dan memperkirakan situasi ekonomi tahun ini tidak akan mengalami perbaikan.

Terimbas oleh situasi tersebut, para investor kemarin mengalihkan sejumlah besar dana mereka ke pasar obligasi Amerika Serikat dan pasar emas yang relatif aman sehingga menyebabkan tingkat imbal obligasi Amerika Serikat terus menurun, dan harga emas di pasar dunia naik 0,3 persen, euro terus mencatat penurunan, harga saham Amerika Serikat jatuh tajam kemarin, dan harga saham di tiga bursa utama Eropa juga mengalami penurunan. Selain itu, harga minyak di pasar dunia kemarin turun sampai posisi terendah dalam 8 bulan terakhir ini, harga minyak mentah di pasar New York ditutup pada posisi 82,70 dolar Amerika per barel.

Related posts