November 17, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

KTT G-20 dibuka hari ini

KTT G-20 yang dibuka di Las Cabos, Meksiko hari ini (18/6) telah mengundang perhatian seluruh dunia karena diadakan di tengah kondisi ekonomi dunia yang dirundung ketidakpastian, dan peranan G-20 semakin dipandang penting. KTT ini diharapkan bisa menyampaikan signal positif bagi pertumbuhan dan stabilitas ekonomi dunia.

Saat ini kelompok ekonomi maju menunjukkan kinerja yang mengecewakan. Krisis utang Eropa tetap adalah risiko terbesar bagi ekonomi global. Situasi politik yang kacau di Yunani telah mendatangkan terpaan serius terhadap zona euro, sehingga juga mengancam keyakinan pasar global. Saat ini negara-negara utama Eropa masih berselisih dalam penyelesaian utang Eropa, dan sulit mencapai kesepakatan. Lembaga berwibawa berpendapat, ekonomi di zona euro tahun ini akan kembali terjerumus dalam kancah resesi.

AS sebagai kekuatan ekonomi terbesar dunia tetap sulit melepaskan diri dari kemelut pertumbuhan rendah dan pengangguran tinggi. Menurut laporan Fed hari Senin lalu, krisis moneter menyebabkan kualitas kehidupan penduduk AS telah turun ke level 20 tahun lalu. Diperkirakan Fed akan meluncurkan kebijakan pelonggaran moneter baru. Ekonomi Jepang walaupun menunjukkan perbaikan tertentu, tetapi juga tidak optimistis.

Dibanding kelompok ekonomi maju dunia, emerging market dan negara berkembang tetap adalah primadona ekonomi dunia. Akan tetapi, walaupun emerging market termasuk Tiongkok tetap berfungsi penggerak dan penstabil ekonomi dunia, namun juga terpengaruh memburuknya iklim eksternal dan meningkatnya tekanan inflasi, sehingga pertumbuhan ekonomi di negara-negara itu umumnya melamban. Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan, laju pertumbuhan ekonomi dunia sepanjang 2012 adalah sebesar 3,5 persen, turun 0,3 persen dibanding pada 2011.

KTT G-20 di Meksiko akan terutama membahas situasi ekonomi dunia, meningkatkan sistem moneter internasional, serta masalah pembangunan, perdagangan, dan penempatan tenaga kerja. Krisis utang Eropa dan proteksionisme tetap menjadi titik pembahasan utama dalam KTT kali ini.

KTT Los Cabos kali ini diharapkan bisa melaksanakan kesepakatan yang tercapai dalam KTT Cannes tahun lalu, menyusun program aksi yang pragmatis dan terpercaya, dan berbekal semangat saling membantu dan bekerja sama untuk memberi harapan dan energi bagi pemulihan dan peningkatan ekonomi dunia.

Related posts