November 13, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Negara berkembang memegang peran penting pada pertumbuhan ekonomi Dunia

KTT G-20 kemarin (18/6) digelar di Los Cabos, Meksiko. Ini adalah kedua kalinya KTT G-20 diadakan di negara Emerging Market setelah KTT di Seoul, Korea Selatan. Dari topik pembicaraan yang ditetapkan sampai langkah-langkah yang direncanakan dalam KTT di Los Cabos terlihat satu kenyataan, yaitu penyelesaian masalah ekonomi bersifat global dan tidak terpisahkan dari partisipasi emerging market.

Setelah memasuki abad baru, kelompok ekonomi emerging market bangkit dengan pertumbuhan ekonomi jauh di atas rata-rata dunia, sehingga telah menjadi penggerak utama bagi pertumbuhan ekonomi dunia, dan telah menimbulkan pengaruh luas bagi tatanan ekonomi, bahkan tatanan politik dunia. Kontrasnya adalah, AS, Jepang, dan Uni Eropa sebagai tiga kelompok ekonomi maju justru mengalami resesi ekonomi. Krisis kredit properti AS serta krisis moneter global yang diakibatkannya telah memperburuk ekonomi negara-negara maju, yang semakin menghadapi masalah serius dan mendesak ekonomi dunia, serta terpaksa mempererat hubungan dengan kelompok emerging market dan negara berkembang, demi meningkatkan prestise dan efektivitas G-20.

G-20 beranggotakan negara maju dan emerging market utama dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, G-20 telah berperan penting dalam menghadapi krisis finansial global dan mendorong pemulihan dan pertumbuhan ekonomi dunia. Penyebab utamanya adalah emerging market dan ekonomi maju bisa melakukan konsultasi dan mengambil keputusan secara sederajat dalam kerangka G-20, sehingga kesepakatan yang tercapai bisa mencerminkan keadaan riil ekonomi dunia secara menyeluruh, sekaligus memungkinkan kebijakan dan langkah yang diambil punya wibawa dan tepat untuk dilaksanakan. Fakta telah membuktikan, G-20 sebagai wahana utama kerja sama ekonomi dunia telah membantu kelompok ekonomi maju menemukan mitra kerja sama untuk menyelesaikan masalah mereka, sekaligus telah menggairahkan emerging market dan negara berkembang dalam proses pembenahan ekonomi global, yang berarti G-20 telah menjadi wahana yang saling menguntungkan bagi negara maju maupun berkembang.

Negara-negara emerging market aktif berpartisipasi dalam diskusi KTT G-20 serta melaksanakan kesepakatan dan komitmen yang tercapai dalam KTT. Yang penting adalah, emerging market dan negara berkembang telah berani mengemukakan reformasi sistem moneter internasional, menambah representasi dan hak suara dalam pembenahan ekonomi dunia. Hal ini dimaksudkan untuk kepentingan keseluruhan negara berkembang, sekaligus perkembangan ekonomi global yang kuat, berkelanjutan, dan seimbang. Kelompok emerging market meminta negara maju untuk berupaya maksimal mengurangi dampak krisis moneter terhadap negara berkembang, khususnya negara tertinggal.

KTT G-20 di Los Cabos diharapkan terus mengupayakan pertumbuhan dan stabilitas ekonomi dunia. Negara maju serta emerging market juga diharapkan bisa terus berbekal semangat saling membantu dan saling menguntungkan dalam memanfaatkan KTT kali ini untuk mendorong pelaksanaan komitmen dan meluncurkan langkah pragmatis, demi membangkitkan keyakinan pasar, memelihara stabilitas pasar moneter, dan mendorong kebangkitan ekonomi dunia.(CRI)

Related posts