November 29, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Pertumbuhan ekonomi Filipina tahun 2012 tumbuh 6,6%

Menurut Kantor Pembangunan Ekonomi Negara Filipina, Produk Bruto Domestik (PDB) Filipina pada triwulan keempat tahun lalu naik 6,8 persen. PDB Filipina secara keseluruhan tahun lalu naik 6,6 persen atau melampaui target pertumbuhan pemerintah yakni 5-6 persen.

Pertumbuhan PDB pada triwulan pertama, kedua dan ketiga masing-masing adalah 6,3 persen, 6,0 persen dan 7,2 persen. Kepala Kantor Pembangunan Ekonomi Negara Filipina mengatakan tahun lalu hampir semua sektor mengalami pertumbuhan yang lebih baik daripada perkiraan. Sektor jasa naik 7,4 persen, industri naik 6,5 persen, dan pertanian naik 2,7 persen. Di masa depan, pemerintah Aquino III berjanji akan terus mendorong reformasi agar pertumbuhan ekonomi terus meningkat.

Menteri Luar Negeri Filipina Cesar Purisima mengatakan tahun ini pemerintah Filipina akan terus mengintensifkan keadaan keuangan, meningkatkan pengucuran dana untuk infrakstruktur, dan menstabilkan lingkungan bisnis. Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan ekonomi Filipina tahun ini akan bertumbuh 6,0 persen.

Related posts