Desember 03, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Laba bersih Perusahaan Gas Negara Tbk / PGAS melorot 40,11% pada Q1 2015

Pada tahun lalu, sejumlah proyek pipa gas bumi juga selesai dibangun yaitu pipa distribusi Cikande-Bitung (provinsi Banten) sepanjang 30,5 kilometer untuk mendukung jaringan distribusi gas bumi di wilayah Jawa Barat-Banten-DKI Jakarta.

Begitu pula pipanisasi Tanjung Uncang – Panaran di Batam, Kepulauan Riau sepanjang 18 kilometer juga telah selesai dibangun. Pembangunan jaringan pipa yang dilakukan PGAS itu untuk memperkuat jaringan yang saat ini sudah dimiliki dan dioperasikan PGAS sepanjang lebih dari 6.100 kilometer.

Di sektor transportasi PGAS juga terus mengembangkan infrastruktur gas bumi, baik berupa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) dan Mobile Refueling Unit (MRU). Dalam hal ini PGAS menggunakan tiga model yaitu membangun sendiri, bekerjasama dengan BUMD/Swasta dan membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Terintegrasi (SPBT) bekerjasama dengan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

PGAS mengoperasikan 4 SPBG (Ketapang Jakarta, Bogor, Pondok Ungu Bekasi dan Surabaya), sedangkan SPBG Cilegon siap untuk dioperasikan. PGAS juga menyuplai gas bumi untuk 14 SPBG mitra. Selain itu juga mengoperasikan 4 MRU (IRTI Monas, Waduk Pluit, Tangerang dan Gresik). PGAS juga menjalin kerjasama dengan PT Jakarta Propertindo (BUMD milik Pemprov DKI) untuk menambah SPBG/MRU sebanyak 20 buah di wilayah Jabodetabek dalam 2 tahun.

Untuk meningkatkan penyaluran gas rumah tangga, PGAS menjalin sinergi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan pemerintah provinsi serta kota/kabupaten. Kementerian ESDM menugaskan PGAS untuk mengelola dan mengoperasikan jaringan gas yang dibangun ESDM. Sinergi itu antara lain dalam penyalurkan gas rumah tangga untuk 5.200 rumah di DKI Jakarta, 4000 rumah di Cirebon, 4.320 rumah di Bogor dan Tangerang 382 rumah.

PGAS sendiri terus mengembangkan jaringan gas rumah tangga melalui Program PGAS Sayang Ibu dengan melakukan penambahan 1 juta sambungan baru rumah tangga.

Related posts