Oktober 27, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Pemerintah tunda penyesuaian tarif listrik

Britama.com – Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, penundaan penerapan skema tarif penyesuaian dua golongan dilakukan untuk mengurangi beban masyarakat. PT PLN akan menanggung subsidi atas penundaan penerapan tersebut.

Penundaan skema tarif ini ditujukan bagi dua golongan yaitu pelanggan rumah tangga 1.300 Volt Ampere (VA) dan 2.200 VA hingga Desember 2015. Sudirman juga mengatakan penundaan penerapan ini dilakukan karena kenaikan Bahan Bakar Minyak dan bahan pokok belakangan ini.

“Di samping itu, pemerintah berkepentingan menjaga supaya beban masyarakat itu terjaga, jangan sampai mendapat beban pada waktu sekaligus,” kata Sudirman, saat konferensi pers di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (8/4/2015) malam.

Sudirman mengungkapkan, dengan ditundanya pencabutan subsidi, tarif kedua golongan pelanggan tersebut masih mendapat subsidi dari PLN. Artinya PLN yang akan menanggung penundaan skema tarif tersebut. “Dalam hal ini pln yang akan mengambil risiko itu,” tutur dia.

Dia juga menghargai langkah yang diambil PLN, untuk menjaga kondisi perekonomian masyarakat. “Saya menghargai sikap PLN untuk membagi beban dengan masyarakat,” ungkap dia.

Sebelumnya, PLN menegaskan tidak akan menaikkan tarif untuk dua golongan pelanggan yaitu rumah tangga 1.300 VA dan 2.200 VA hingga Desember 2015.

Related posts