Oktober 27, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Pendapatan MAPI Bersih naik, tetapi Laba bersih anjilok 77,65%

Britama.comPT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), perusahaan ritel gaya hidup terkemuka di Indonesia hari ini mengumumkan pencapaian pendapatan tahun 2014. Perusahaan mencatat pertumbuhan pendapatan bersih sebesar 21,4% menjadi Rp11,82 trilyun – meningkat dari Rp9,73 trilyun yang dicapai pada tahun 2013. Laba usaha tercatat sebesar Rp525 milyar, sementara laba bersih Rp73,26 milyar atau Rp45 per saham, Laba bersih tahun 2014 anjilok bila dibandingkan dengan laba bersih tahun 2013 yang mencapai Rp327,79 miliar atau Rp197 per saham.

Menanggapi pencapaian tahun 2014, Fetty Kwartati, Corporate Secretary MAPI menyampaikan, “Pada tahun 2014, MAPI kembali mencatat rekor baru untuk pencapaian pendapatan bersih, namun laba bersih kami terkena dampak melemahnya mata uang Rupiah dan beberapa inisiatif untuk memperbaiki working capital. Walaupun demikian, MAPI telah mengalami sejumlah perkembangan di tahun 2014 dengan membuka 99 gerai baru, sehingga jaringan ritel MAPI total berjumlah 1.872 gerai pada akhir tahun 2014, termasuk meluncurkan sejumlah konsep ritel baru, diantaranya Sephora dan Birkenstock. Perusahaan meraih 2 penghargaan bergengsi untuk Tanggungjawab Sosial Perusahaan dan Hubungan Investor dari Majalah FinanceAsia serta memperoleh mitra strategis Everstone Capital Singapore untuk Domino’s Pizza dan Burger King. Kerjasama kolaboratif ini akan memperkuat permodalan untuk memaksimalkan potensi dari kedua merek tersebut.”

MAPI sedang melakukan inisiatif strategis untuk melakukan reorganisasi internal dan proses pemisahan Bisnis Aktif yang terdiri Sports, Golf, Kids, Lifestyle, Payless (di bawah PT Putra Agung Lestari) dan Garment Manufacturing (di bawah PT Mitra Garindo Perkasa) ke PT MAP Aktif Adiperkasa (MAA), anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya.

Reorganisasi internal ini akan memungkinkan Bisnis Aktif untuk beroperasi sebagai perusahaan independen dan meningkatkan fokusnya untuk membuka potensi yang besar dari Bisnis Aktif di Indonesia. Hal ini juga akan memberikan kesempatan bagi Bisnis Aktif di bawah MAA untuk meningkatkan modal sendiri termasuk IPO di masa depan.

MAPI juga mengumumkan penerbitan obligasi Rp1,5 triliun tanpa jaminan dengan zero coupon dan periode maturity 5 tahun, kepada Asia Sportswear Holdings Pte Ltd. dan kemudian dialihkan kepada MAA pada saat pelaksanaan reorganisasi internal. MAPI bermaksud menggunakan dana tersebut untuk membayar hutang yang ada saat ini, sehingga memperbaiki level hutang dan juga menurunkan biaya bunga di masa yang akan datang.

Related posts