Juni 13, 2021

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Tiongkok Serahkan proposal proyek KA berkecepatan tinggi ke Presiden Joko Widodo

Britama.com – Menteri Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional Tiongkok Xu Shaoshi selaku duta khusus Presiden Xi Jinping mengadakan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Jakarta. Xu Shaoshi telah menyampaikan laporan studi keterlaksanaan proyek pembangunan jalan kereta api berkecepatan tinggi Jakarta-Bandung.

Selain Tiongkok, Jepang juga telah mengajukan proposal terhadap pembangunan jalan kereta peluru di Indonesia. Tiongkok dan Jepang memiliki keunggulan masing-masing. Misalnya Jepang akan menyediakan kredit dengan tingkat suku bunga yang rendah. Sedangkan Tiongkok dapat merampungkan proyek dalam waktu kontrak yang lebih pendek.

Sebelumnya ada media yang melaporkan bahwa pemerintah tidak akan mengalokasikan dana anggaran untuk pembangunan proyek jalan kereta peluru, atau dengan kata lain, proyek itu harus meminjam dana dari sumber lain.

Konselor Bidang Ekonomi Tiongkok untuk Indonesia Wang Liping khusus menerangkan keunggulan Tiongkok dalam pembangunan proyek jalan kereta peluru. Ia mengatakan, walaupun Jepang yang terlebih dulu mengembangkan teknologi kereta peluru, namun Tiongkok memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak dibanding Jepang melalui pembangunan jalan kereta peluru yang jaraknya jauh lebih panjang dibanding Jepang.

Duta khusus Xu Shaoshi dalam pertemuannya dengan Jokowi mengatakan, Tiongkok memiliki teknologi kereta api berkecepatan tinggi yang matang.

Saat ini, Tiongkok mengoperasikan jalan kereta peluru sepanjang 17 ribu kilometer, yang jaraknya merupakan 55 persen jarak total jalur kereta di dunia. Jalur kereta api berkecepatan tinggi dengan kecepatan di atas 300 kilometer per jam mencapai 9,6 ribu kilometer, atau merupakan 60 persen panjang jalur kereta dunia.

Jumlah penumpang yang diberangkatkan kereta peluru di seluruh dunia tahun lalu tercatat 1,7 miliar kunjungan, 915 juta kunjungan diantaranya berlokasi di Tiongkok.

Ia mengatakan, teknologi kereta peluru Tiongkok sangat lengkap. Tiongkok memiliki pengalaman pembangunan jalan KA di semua daerah, termasuk daerah dengan iklim dingin maupun tropis serta di topografi yang beragam.

Tiongkok memiliki jalur kereta peluru dengan kecepatan maksimum 350 kilometer per jam sepanjang 308 kilometer di pulau Hainan di daerah tropis, di mana iklimnya mirip dengan Indonesia.

Saat ini Tiongkok dan Jepang bersaing ketat dalam proyek pembangunan jalan kereta api cepat di Indonesia, Thailand dan Malaysia.

Related posts