Oktober 21, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Bank Dunia : Ekonomi Indonesia akan tumbuh sekitar 4,7% tahun 2015

Britama.com – Bank Dunia (World Bank) memproyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2015 sebesar 4,7% atau tidak berubah dari proyeksi sebelumnya. Sedang pertumbuhan ekonomi Indonesia 2016 Bank Dunia (World Bank) memproyeksi sebesar 5,3% sejalan dengan asumsi pertumbuhan ekonomi yang ditetapkan pemerintah dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016.

Proyeksi ini lebih rendah dibanding proyeksi sebelumnya sebesar 5,5%. Rendahnya angka pertumbuhan tahun 2016 disebabkan karena adanya risiko dari penurunan pertumbuhan ekonomi Tiongkok dan harga komoditas global yang lebih rendah dari proyeksi sebelumnya.

Di sisi lain masih adanya risiko di pasar keuangan akibat dari ketidakpastian normalisasi kebijakan moneter Amerika Serikat (AS). Depresiasi rupiah yang signifikan, kenaikan biaya pendanaan kembali, tidak cukupnya perlindungan nilai (hedging) dari utang dalam valas, dan penurunan margin keuntungan telah melemahkan neraca dunia usaha terutama dalam sektor sumber daya alam.

Pertumbuhan tersebut ditopang oleh belanja infrastruktur bulanan yang mengalami kenaikan signifikan sejak bulan Juli dan langkah-langkah untuk meningkatkan perencanaan dan pelaksanaan proyek pemerintah. Selain itu pertumbuhan tersebut juga ditopang dari penguatan kegiatan ekonomi di Euro dan Jepang serta kenaikan perdagangan dunia, walau pada laju yang masih secara signifikan di bawah rata-rata sebelum tahun 2008. Dengan demikian permintaan komoditas juga diperkirakan akan meningkat sedikit dan mendorong kenaikan ekspor dan investasi walau masih jauh di bawah rata-rata sebelum penurunan komoditas.

Related posts