Oktober 28, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Cara Investasi Saham, Mulai Dari Buka Rekening Hingga Melakukan Transaksi

britama.com – Pembahasan cara investasi saham, kita akan mulai dari pembukaan rekening. Pertama-tama, sebelum kita berinvestasi di saham, terlebih dahulu kita harus buka rekening di perusahaan pialang/broker saham (daftar broker saham di Bursa Efek Indonesia / BEI).

Syarat-syarat pembukaan rekening pun hampir sama dengan, buka rekening di bank, diantara fotocopy KTP (paspor atau KITAS untuk orang asing), NPWP dan halaman depan rekening tabungan untuk memastikan rekening penerimaan uang sama dengan nama yang ada di KTP. Setalah ketiga syarat utama itu lengkap, kita harus mengisi form pembukaan rekening dengan lengkap dan disertai tanda tangan.

Pada saat pembukaan rekening ini kita akan ditawari mau transaksi secara online atau melalui broker, dalam hal ini kita cuma bisa pilih salah satu. Bedanya transaksi online dan melalui broker, antara lain: kalau transaksi melalui online trading biasanya fee jual/beli lebih murah karena pemantauan harga saham, pencarian informasi-informasi berkaitan dengan saham yang mau dibeli/dijual dan transaksi jual/beli kita lakukan sendiri. Selain itu, setoran awal untuk investasi online trading lebih kecil yaitu minimal sekitar Rp1 juta – Rp10 juta dan kalau transaksi melalui broker minimalnya sekitar Rp15 juta s/d Rp50 juta (bahkan lebih dari itu). Untuk minimal setoran awal ini masing-masing perusahaan broker berbeda-beda.

Contoh Kartu KseiSelanjutnya, tinggal tunggu proses pembukaan rekening oleh pihak broker. Setelah pembukaan rekening selesai, kita akan memperoleh Rekening Dana Investor (RDI) dan ID serta password (untuk pembukaan rekening online trading). Nanti kita juga akan dapat kartu AKSes-Ksei (Kustodian Sentral Efek Indonesia). Berikut ini contoh kartu AKSes-Kesi.

Untuk bisa memulai melakukan transaksi, terlebih dahulu anda harus transfer uang ke Rekening Dana Investor.

Contoh Rekening Koran RDI (dikirim tiap bulan)
Contoh Rekening Koran Investor (Rekening Dana Investor / RDI)

Related posts