November 22, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

ANTM dan MEDC akuisisi PT Newmont Nusa Tenggara?

Britama.com – PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menyatakan siap membeli sebagian saham PT Newmont Nusa Tenggara melalui konsorsium BUMN Tambang. Manajemen ANTM telah menyatakan hal tersebut kepada Menteri BUMN Rini Soemarno sebagai kuasa pemegang saham ANTM yang selama ini mendorong BUMN Tambang untuk berinvestasi di perusahaan tambang.

Peluang BUMN Tambang untuk mengakuisisi saham perusahaan tambang asing semakin terbuka seiring dengan rencana pemerintah merealisasikan holding (induk) BUMN Tambang yang dipimpin PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum).

Dengan Holding BUMN Tambang, selain kapasitas aset semakin besar, juga dengan sendirinya diikuti komitmen pendanaan dari perbankan dalam maupun luar negeri.

Sebelumnya telah diberitakan, Medco Energi International Tbk (MEDC) memberi sinyal akan mengakuisisi saham Newmont sebesar 76 persen. Bahkan pendiri Medco Group, Arifin Panigoro disebut-sebut telah melaporkan kepada Presiden Joko Widodo atas rencana tersebut.

Untuk melanggengkan rencana tersebut, Medco bahkan sudah mencari pinjaman bank baik dalam maupun luar negeri untuk memperoleh dana untuk mengakusisi saham NNT.

Namun sejauh itu, rencana tersebut masih sebatas wacana karena sejauh ini pihak NTT sendiri mengaku bahwa hal itu merupakan bagian dari spekulasi pasar.

Sebagai informasi tambahan, Untuk mengakuisisi 100% Newmont NTT, sebuah perusahaan harus menyiapkan dana sebesar USD3,58 miliar, berdasarkan aset lancer yang dimiliki ANTM dan MEDC pada laporan tahun 2015 yaitu masing-masing sebesar Rp11,25 triliun (USD833,33 juta dengan nilai dolar sebesar Rp13.500) dengan Kas sebesar Rp8,09 triliun (USD599,26 juta dengan nilai dolar Rp13.500) dan USD1,04 miliar dengan Kas sebesar USD463,18 juta.

Dengan aset lancar yang dimiliki kedua Perusahaan tersebut yaitu ANTM dan MEDC, maka untuk mengakuisisi Newmont harus mencari dana tambahan yang sangat besar, sehingga kemungkinan akuisisi newmon sulit untuk tercapai.

Related posts