Oktober 21, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Kinerja AISA akan tumbuh pesat setelah melepas anak usahanya GOLD / Golden Plantation

Britama.com – PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) bakal melaju lebih cepat setelah melepas kepemilikan sahamnya pada PT Golden Plantation Tbk (GOLD). Pertumbuhan juga bakal didukung oleh peningkatan kapasitas dan tren margin keuntungan bisnis penjualan beras.

Target penguasaan pangsa pasar sebesar 5% penjualan beras secara nasional pada 2020, penambahan SKU produk konsumsi, dan pertumbuhan penjualan barang konsumsi, bakal ikut menopang pertumbuhan kinerja keuangan AISA tahun ini.

Perseroan menargetkan kenaikan pendapatan dari Rp6,01 triliun pada 2015 menjadi Rp6,7 triliun tahun ini. Laba bersih diproyeksikan naik dari Rp370 miliar menjadi Rp404 miliar.

AISA mencatatkan penurunan tingkat keuntungan akibat terseret pelemahan bisnis perkebunan kelapa sawit Golden Plantation. Anak usahanya tersebut juga menghabiskan banyak anggaran belanja modal sekitar 50% dari total anggaran perseroan.

Hal ini membuat rasio utang perseroan meningkat menjadi 26%. Namun adanya rencana perseroan untuk mendivestasi kepemilikan sebesar 78,17% saham ke JOM Prawarsa Indonesia (JPI) sebesar Rp 521 miliar, hal tersebut akan menjadi sentimen positif terhadap AISA ke depan.

Pelepasan saham tersebut akan membuat perseroan bisa lebih fokus untuk pengembangan bisnis barang konsumsi. Pelepasan saham itu juga bakal berdampak terhadap penurunan rasio utang perseroan dari 1 kali tahun lalu menjadi 0,6 kali tahun ini.

Sebelumnya perseroan akan melepas sebanyak 2,86 miliar (78,17%) saham Golden Plantation kepada PT JOM Prawarsa Indonesia senilai Rp521,43 miliar. Divesatasi tersebut diharapkan mampu mengurangi beban, sehingga mampu mendorong kinerja yang positif.

Related posts