Oktober 20, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Perpanjangan PKPU BUMI disetujui pengadilan

Britama.com – Masa perpanjangan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) PT Bumi Resources Tbk (BUMI) resmi diperpanjang 22 hari;. Hal tersebut sudah sesuai dengan Pasal 228 ayat 4 dan 229 ayat 1 Undang-undang No. 37/2004 tentang Kepailitan dan PKPU.

Dalam persidangan tersebut, Majelis hakim juga tidak menemui perselisihan maupun keberatan dari para pihak. Seluruh kreditur secara aklamasi menyetujui perpanjangan PKPU tetap karena proses pencocokan tagihan belum terselesaikan.

Total tagihan BUMI saat ini sebesar Rp138 triliun yang terdiri dari 142 kreditur yang telah terverifikasi.

Sementara itu, masih ada 72 kreditur lain dengan nilai piutang Rp29 triliun yang belum melalui proses pencocokan tagihan dari tim pengurus. Permasalahan lain juga masih dihadapi debitur dalam proses restrukturisasi utangnya. Sedikitnya terdapat tiga kali penagihan serupa yang dilakukan yakni oleh individu pemegang surat utang, wali amanat (trustee), dan anak usaha debitur (special purpose vehicle/SPV).

Selain itu, tujuan utama penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) adalah tercapainya perdamaian semua pihak, dan tidak meminta revisi proposal perdamaian kendati debitur telah mendapatkan status PKPU tetap dan masa berakhirnya diperpanjang.

Adapun, utang-utang konkuren lain termasuk vendor dikonversi menjadi saham BUMI dan melalui skema pembayaran dengan tenor maksimal selama 10 tahun.

Related posts