Oktober 31, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

WIKA dan beberapa BUMN akan right issue

Britama.com – Wijaya Karya Tbk (WIKA) akan melakukan right issue dengan target dana Rp6,1 triliun apabila mendapatkan PMN. Dengan bertambahnya modal dari kegiatan rights issue itu, perseroan dapat menarik pinjaman dalam berbagai bentuk senilai Rp18 triliun.

Perseroan berencana menggunakan dana PMN sekitar Rp850 miliar untuk menggarap proyek jalan tol Soreang – Pasir Koja, Manado – Bitung, dan Samarinda – Balikpapan.

Di samping itu, perseroan juga berencana menggunakan Rp2 triliun dari PMN itu untuk keperluan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Karangkates, PLTA di Lahat, PLT Gas di Jakarta, dan PLT Uap di Banten.

Selain WIKA, Rencana penerbitan saham baru oleh BUMN lain kembali mencuat setelah pemerintah mengusulkan Penyertaan Modal Negara (PMN) dalam Rancangan APBN Perubahan 2016 kepada DPR. Rights issue menjadi mekanisme yang dibutuhkan agar dana PMN tersebut menjadi tambahan modal BUMN.

Tiga BUMN itu adalah Krakatau Steel Tbk (KRAS) Rp2,46 triliun, Jasa Marga Tbk (JSMR) Rp1,25 triliun, dan Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) Rp2,25 triliun.

Ketiga BUMN tersebut merupakan bagian dari 24 BUMN yang diusulkan mendapatkan PMN senilai total Rp53,98 triliun dalam RAPBN Perubahan 2016. Nilai usulan PMN itu lebih tinggi 42% dibandingkan dengan usulan Rp40,42 triliun pada APBN 2016.

Related posts