Desember 06, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

WIKA berencana IPO-kan Wika Realty dan Wika Gedung

Britama.com – Wijaya Karya Tbk (WIKA) sedang menyiapkan penawaran saham perdana atau “initial public offering” (IPO) saham PT Wijaya Karya Realty. Perseroan menargetkan dana IPO minimal Rp3 triliun. Wika akan mengutamakan IPO saham Wika Gedung terlebih dahulu. Apabila memungkinkan, Wika Realty akan turut melangsungkan IPO saham tahun ini.

Wika baru-baru ini menyetor modal dalam bentuk tunai ke Wika Gedung senilai Rp250 miliar. Per september 2016, ekuitas Wika Gedung mencapai Rp603 miliar, sedangkan asetnya Rp1,9 triliun.

Hingga akhir tahun lalu, Wika Gedung berkolaborasi dengan PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON). Keduanya berkolaborasi untuk menawarkan jasa produk precast sekaligus design and build, sehingga diharapkan timbul efisiensi dan peningkatan bisnis pada kedua anak usaha tersebut.

Wika Gedung bisnisnya akan diarahkan untuk mendukung proyek-proyek yang ditangani Wika Realty. Di luar itu, sejak awal 2016, manajeman yang terkait dengan konstruksi bangunan telah diserahkan ke Wika Gedung agar mereka bisa ikut tender atas nama Wika Gedung.

Menurut manajemen Perseroan, hasil IPO bakal dimanfaatkan Wika Gedung untuk memperkuat modal dan ekspansi. Perseroan menargetkan total kontrak yang dihadapi Wika Gedung tahun ini mencapai Rp11 triliun dengan porsi kontrak baru Rp3,5-4 triliun.

Pada saat ini, total kontrak yang dimiliki Wika Gedung telah mencapai Rp6 triliun. Perseroan menargetkan laba bersih tahun lalu sebesar Rp141 miliar, naik 30,55% dibanding 2015 sebesar Rp108 miliar. Tahun ini, laba bersih ditargetkan melonjak 77,3% dari realisasi tahun silam menjadi Rp250 miliar.

Related posts