PTPP lagi cari dana Rp3 triliun untuk beberapa proyek

Banner Image

Britama.com – Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) akan menerbitkan obligasi senilai Rp 3 triliun pada tahun ini. Surat utang itu akan dirilis dengan skema Pembiayaan Infrastruktur Non-Anggaran Pemerintah (PINA).

Pada tahun ini, PTPP mengalokasikan belanja modal (capital expenditure / Capex) Rp21 triliun. Dari jumlah itu, sekitar Rp14 triliun bersumber dari utang perbankan dan penerbitan obligasi. Sisanya Rp7 triliun berasal dari ekuitas.

Temukan Pilihan Terbaikmu!

Tahun lalu, emiten konstruksi pelat merah ini mencatatkan kinerja memuaskan. Sepanjang 2016, PTPP meraih pendapatan Rp16,4 triliun, atau tumbuh 15%.

Kontribusi terbesar pendapatan PTPP berasal dari perolehan jasa konstruksi senilai Rp11,8 triliun. Angka ini naik tipis 1,75% dibandingkan realisasi tahun 2015 yang sebesar Rp11,6 triliun.

PTPP berupaya menggenjot proyek investasi yang menekankan ke sektor konstruksi. Sejatinya, prospek kinerja PTPP tahun ini relatif lebih baik karena menyimpan proyek carry over Rp54 triliun.

Sektor EPC juga memberi kontribusi sebesar Rp2,3 triliun pada pendapatan PTPP tahun lalu. Properti dan realti menyumbang Rp2,1 triliun, pracetak dan peralatan masing-masing menyumbang Rp53 miliar dan Rp44 miliar.

Seiring Pertumbuhan Pendapatan Perseroan pada tahun 2016, PTPP meraih kenaikan laba bersih sebesar 38,26% menjadi Rp1,02 triliun pada 2016 dibandingkan laba bersih periode tahun sebelumnya sebesar Rp740,17 miliar.

Banner Image