September 18, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

ASII resmi memiliki 45% kepemilikan atas Tol Cipali

Britama.com – Nilai buku Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) akan menembus Rp950 per saham pada kuartal II 2017 setelah resmi menjual porsi kepemilikan sahamnya pada tol Cikopo – Palimanan (Cipali) kepada PT Astratel Nusantara, anak usaha Astra International Tbk (ASII).

PT Astratel Nusantara resmi memiliki 45% kepemilikan atas Cipali setelah transaksi tersebut, sedangkan kepemilikan mayoritas masih digenggam perusahaan Malaysia, PLUS Expressway International Berhad. Nilai total penjualan tersebut mencapai Rp2,56 triliun.

SSIA memiliki saham pada PT Lintas Marga Sedaya selaku operator tol Cipali, secara tidak langsung melalui dua anak usahanya, yakni PT Karsa Sedaya Sejahtera (KSS) sebesar 20,5% dan Nusa Raya Cipta Tbk (NRCA) 2,2%.

Nilai penjualan masing-masing anak usaha dalam transaksi tersebut sebesar Rp2,34 triliun untuk KSS dan Rp223 miliar untuk NRCA. Meski dalam perjanjian jual beli dengan Astratel Nusantara disepakati bahwa pembayaran tahap awal hanya dibayarkan senilai 15% dari nilai transaksi, perseroan tetap membukukan seluruh nilai penjualan dalam pembukuan kuartal II 2017. Sedang 85% dari nilai transaksi baru akan dibayarkan pada Januari 2018 oleh Astratel Nusantara.

Related posts