September 19, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Harga batubara membaik, ABMM akan terus optimalkan produksi batubara

Britama.com – PT ABM Investama Tbk (ABMM) akan terus menjaga momentum pertumbuhan bisnis dengan mengoptimalkan potensi pemulihan harga batubara melalui peningkatan produksi dan meningkatkan efisiensi operasional.
Strategi tersebut terbukti efektif dalam memperkuat kinerja Perseroan selama tahun 2016 dan berlanjut hingga tahun ini.

Direktur Utama ABMM, Andi Djajanegara mengatakan, pemulihan batubara setelah mencapai titik terendah dalam 5 tahun, menjadi katalis utama peningkatan kinerja Perseroan pada tahun lalu. “Pemulihan harga batubara dan strategi efisiensi yang telah kami lakukan sejak tahun 2014 menjadi kunci dari perbaikan fundamental ABM di tahun 2016. Kami akan meningkatkan produksi batubara, sehingga kenaikan permintaan Negara besar seperti Tiongkok dan India dapat dioptimalkan.” Jelas Andi usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) ABMM di Jakarta. (10/5).

Selama tahun 2016, Total produksi batubara ABMM mencapai 6,4 juta ton per tahun dan akan terus ditingkatkan hingga mencapai 9 juta ton per tahun di tahun 2017 yang akan dipasarkan ke Tiongkok, India dan juga Domestik.

Pada tahun 2016, ABMM melaporkan pendapatan sebesar USD590,7 juta dengan EBITDA sebesar USD166,0 juta, meningkat sebesar 23,1% dibandingkan pada tahun 2015. Pada periode tersebut, Perseroan berhasil meraih laba bersih sebesar USD12,6 juta, kinerja tersebut membaik dibandingkan dengan tahun 2015, dimana ABMM mencatat kerugian bersih senilai USD28,1 juta. Sepanjang tahun 2016, ABMM juga mempu melakukan refinancing utang dan memangkan Kewajiban hingga mencapai USD110 juta.

Direktur Keuangan ABMM, Adrian Erlangga menambahkan, selain meningkatkan kapasitas bisnis batubara, focus ABMM di tahun 2017 adalah terus memperkuat balance sheet dengan memangkas utang serta meningkatkan utilisasi dan produktifitas asset.

Related posts