Oktober 01, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

SMAR kembangkan tanaman sawit yang mampu memperoduksi 10 ton per Ha

Britama.com – Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMAR), anak perusahaan Golden-Agri Resources Ltd (GAR), mengumumkan terobosannya dalam mengembangkan material tanam kelapa sawit unggulan yang dikembangkan di pusat-pusat penelitian perusahaan, SMART Research Institute.s (SMARTRI) dan Pusat Bioteknologi SMART. Bahan tanam ini, yakni Eka 1 dan Eka 2 kini terdaftar di Katalog Bibit Indonesia dan disetujui untuk dibudidayakan pada 21 April 2017 oleh Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian.

Bahan tanam tersebut akan membantu perusahaan untuk meningkatkan produktivitas perkebunan kelapa sawitnya hingga ke level tertinggi di industri di lahan perkebunan yang sudah ada.

Material tanam kelapa sawit tersebut berpotensi meningkatkan produktivitas minyak sawit perusahaan mencapai lebih dari 10 ton per hektar per tahun di usia dewasa (10-18 tahun) dibandingkan dengan kemampuan perusahaan saat ini yang berkisar antara 7,5-8 ton per hektar per tahun dalam kondisi cuaca dan areal tanam yang optimal.

Produktivitas rata-rata industri kelapa sawit Indonesia saat ini kurang dari 4 ton/hektar/tahun.

Selama 5 tahun ke depan perusahaan akan memperbanyak material tanam ini melalui kultur jaringan guna menghasilkan jumlah yang cukup untuk ditanam secara komersial di area yang lebih luas mulai tahun 2022.

Related posts