November 20, 2018

Select your Top Menu from wp menus

Setelah IPO, KMTR menargetkan laba bersih tumbuh 50%

Britama.com – Kirana Megatara Tbk (KMTR) yang baru melantai di Bursa Efek Indonesia atau IPO (Initial Public Offering) memproyeksikan pertumbuhan laba bersih pada tahun 2017 mencapai 50% YoY. Penjualan pada tahun 2016 sekitar 440.000 ton karet remah dan pada tahun 2017 diproyeksikan mencapai 500.000 ton karet. KMTR memproyeksikan pertumbuhan penjualan bisa mencapai 20% YoY. Dengan membaiknya harga karet, maka laba bisa tumbuh 50% YoY.

Saat ini, KMTR, Grup Triputra, memiliki 15 pabrik. Sementara luas perkebunan karet yang dikelola sekitar 3.370 hektar. Pada tahun 2017 KMTR belum berencana menambah jumlah perkebunan. Produksi karet dari kebun milik Kirana hanya sekitar 1%, sedangkan 99% berasal dari petani karet yang berasal di Pulau Sumatra dan Kalimantan.

Perseroan optimis permintaan karet akan semakin meningkat permintaan ban. Produsen ban asal Taiwan telah masuk ke Indonesia untuk membangun pabrik ban. Kondisi itu menunjukkan bahwa persediaan di Indonesia masih sangat bagus. Mayoritas pelanggan bisnis Kirana Megatara adalah 13 pemain besar yang menjadi produsen ban global, seperti Bridgestone, Continental, Cooper, Goodyear, Hankook, Kumho, Michellin, Pirelli, Sumitomo, Yokohama dan lain-lain.

Kirana juga memiliki sistem penjualan kontrak jangka panjang (LTC) dan 95% untuk pasar ekspor.

Related posts