MEDC menerbitkan obligasi tambahan senilai USD100 juta

Banner Image

Britama.com – Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) menaikkan nilai emisi obligasi global sebesar USD100 juta menjadi USD400 juta dari semula USD300 juta. Surat utang bertenor lima tahun tersebut menawarkan bunga 8,5% per tahun.

Obligasi tersebut diterbitkan lewat anak usaha perseroan, Medco Strait Services Pte Ltd dan dicatatkan di Singapore Exchange Securities Trading (SGX-ST). Perseroan menawarkan surat utang itu kepada investor di luar Indonesia, dengan syarat dan ketentuan yang sama dengan obligasi sebelumnya.

Temukan Pilihan Terbaikmu!

Dana hasil penerbitan obligasi akan digunakan untuk melunasi fasilitas pinjaman Natuna 2016 dan program medium term notes (MTN) yang diterbitkan 2015.

Adapun fasilitas Natuna merupakan pinjaman yang diterima Medco Natuna Pte Ltd dari Bank Mandiri pada 27 Desember 2016 senilai USD230 juta. Sedangkan MTN 2015 yang diterbitkan oleh Medco Energi Global Pte Ltd senilai SGD100 juta akan jatuh tempo pada 2018.

Selain itu, perseroan akan menggunakan dana yang diperoleh untuk melunasi sebagian dari obligasi yang diterbitkan melalui Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) I Tahap II 2013.

Sementara itu, jatuh tempo pembayaran pokok obligasi yang baru pada 17 Agustus 2022. Transaksi sebesar USD400 juta tersebut jatuh pada nilai antara 20-50% atau setara 43,04% dari total ekuitas perseroan, sehingga tergolong transaksi material, namun tidak melampaui 50% dari ekuitas perusahaan.

Para pembeli awal surat utang Medco Strait adalah CLSA Ltd, Credit Suisse Singapore Ltd, JP Morgan SEA Ltd, ANZ Banking Group Ltd, dan Mandiri Securities Pte Ltd. Sebelumnya, lembaga pemeringkat global, Moody Investors Service memberikan peringkat B2 bagi perseroan dan peringkat B2 yang sama terhadap obligasi tersebut.

Banner Image