MTLA berencana tambah utang perbankan baru sebesar Rp300 miliar

toko.britama.com - Temukan Pilihan Terbaikmu!

Britama.com – Metropolitan Land Tbk (MTLA) berencana menambah utang perbankan baru sedikitnya Rp300 miliar pada semester II 2017 untuk mendukung permodalan perseroan. Perseroan mengganggarkan total capex tahun 2017 senilai Rp540 miliar.

Hingga Juli 2017 perseroan sudah merealisasikan belanja modal senilai Rp 258 miliar. Dari jumlah tersebut sekitar Rp190 miliar dialokasikan untuk belanja lahan. Alokasi untuk belanja lahan tersebut melonjak dari rencana awal perseroan sebesar Rp160 miliar di sepanjang tahun 2017.

Temukan Pilihan Terbaikmu!
Temukan Pilihan Terbaikmu!
Temukan Pilihan Terbaikmu!

Hal tersebut menggerus cukup banyak cadangan ekuitas perseroan, karena perseroan tidak bisa menggunakan utang bank untuk belanja lahan. Meski belanja lahan meningkat, perseroan tidak mengubah rencana total belanja modal tahun 2017. Kebutuhan untuk belanja lahan dipenuhi dari pengalihan belanja modal dari pos lainnya yang masih bisa mengandalkan pembiayaan bank.

Rencana utang tersebut selain untuk memenuhi kebutuhan belanja modal tahun 2017, juga akan dialokasikan untuk belanja modal tahun 2018.

Total tambahan lahan perseroan dari hasil akuisisi tersebut mencapai sekitar 100 hektar yang berlokasi di kawasan existing perseroan dan di sejumlah kawasan baru.

Sebagian besar lahan baru perseroan diakusisi sepanjang Mei-Juli 2017, dengan lokasi terfokus di Jabodetabek dan Pulau Jawa.

Sementara itu, MTLA mengembangkan kawasan Ubud, Bali seluas 2 hektar pada Februari 2017 sebagai proyek hotel dan villa privat. Proyek tersebut akan mulai dipasarkan pada semester II 2017.