November 27, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

SSMS menargetkan Ekspor CPO tumbuh 30%

Britama.com – Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) membidik kontribusi penjualan crude palm oil (CPO) untuk ekspor bisa meningkat. Perserusahaan Perkebunanan sawit tersebut mematok porsi ekspor untuk total penjualan konsolidasi bisa mencapai 30%.

Porsi tersebut memang tidak jauh berbeda dengan porsi tahun lalu. Namun, dari sisi jumlah produksi tahun ini akan meningkat. Pasalnya, SSMS membidik produksi tahun ini akan naik sekitar 10%. Artinya, dengan porsi yang sama, namun volume produksi berbeda.

Pangsa pasar ekspor SSMS saat ini diantaranya India dan Pakistan. Manajemen perseroan menyatakan, dalam jangka pendek, belum akan membidik negara lain dan memilih fokus untuk kerja sama yang telah ada.

SSMS juga berencana memperluas lahan perkebunan secara anorganik atau akuisisi lahan. Hal ini tak terlepas dari adanya moratorium lahan sawit. Diantaranya yang sedang diincar yakni lahan seluas 9.000 hektare (ha) di Kalimantan Tengah.

Perusahaan memiliki profil perkebunan di Kalimantan Tengah. Luas lahan tertanam saat ini seluas 70.240 ha. Diantaranya luas lahan tanaman usia produktif seluas 66.201 ha, dan usia muda seluas 4.039 ha.

Target lain SSMS yakni akan menambah dua pabrik baru selama dua tahun ke depan. Penambahan ini untuk mengimbangi produksi CPO yang bertumbuh. Untuk memenuhi rencana ini, emiten menghitung investasi USD12 juta untuk pabrik dengan konstruksi umum, dan USD18 juta-USD20 juta untuk pabrik dengan konstruksi khusus.

Saat ini, SSMS memiliki enam pabrik. Selama dua tahun ke depan, jumlahnya akan bertambah menjadi delapan pabrik. Dua pabrik baru itu akan memiliki kapasitas produksi sebanyak 60 ton per jam per unit.

Related posts