November 14, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

MLIA melepas bisnis keramik

Britama.com – Mulia Industrindo Tbk (MLIA) mengakhiri bisnis keramik dengan melepas 799,2 juta saham atau setara 99,9% saham anak usahanya yaitu PT Muliakeramik Indahraya kepada PT Eka Gunatama Mandiri senilai Rp425 miliar.

Kedua pihak itu terafiliasi. Pembeli, yaitu Eka Gunatama, merupakan pemegang saham utama MLIA dengan kepemilikan 43,11%. Total kapasitas industri keramik nasional diperkirakan mencapai 570 juta m2, sedangkan tingkat konsumsi hanya 350 juta m2 pada tahun 2016.

Hal tersebut mengindikasikan tingkat penyerapan industri keramik hanya sebesar 60% dari total kapasitas produksi nasional. Selain itu tujuan transaksi ini adalah agar MLIA mendapatkan dana segar untuk memperbaiki posisi keuangan perseroan.

Setelah divestasi ini, perseroan akan fokus pada entitas anak yaitu PT Muliaglass, karena industri yang anak usaha ini cenderung tumbuh stabil.

Meski demikian dengan divestasi tersebut, aset MLIA akan tergerus sekitar 40%. Ke depan MLIA akan fokus ke industri kaca, khususnya produk kaca lembaran, botol kemasan, glass block, dan kaca pengaman otomotif.

Related posts