Desember 01, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

VIVA akan refinancing utang senilai USD230 juta

Britama.com – Visi Media Asia Tbk (VIVA) sedang melakukan pembahasan terkait proses penerbitan obligasi dalam negeri dan luar negeri. Tujuan obligasi untuk dapat menurunkan tingkat pinjaman dan beban bunga pinjaman.

Perseroan akan melakukan refinancing utang sebesar USD230 juta melalui fasilitas pinjaman baru melalui sindikasi 8 institusi finansial internasional.

Pinjaman yang dilakukan melalui anak usaha yakni PT Cakrawala Andalas Televisi dan PT Lativi Mediakarya. Pinjaman itu akan mendapatkan fasilitas pinjaman berjangka yang dibagi 2 yakni senior dan junior.

Pinjaman berjangka secara senior (senior term loan facility) sejumlah USD173,6 juta untuk refinancing utang. Sedang pinjaman berjangka secara junior (junior term loan fasility) sebesar USD78,3 juta untuk refinancing redemption premium yang masih terutang.

Fasilitas pinjaman tersebut akan mengurangi beban biaya bunga yang semula sebesar 20% menjadi rata-rata 12% per tahun. Nantinya beban bunga yang dapat dihemat perseroan selama 5 tahun ke depan sekitar Rp1,5 triliun. Efisiensi yang diperoleh perseroan dari fasilitas pinjaman baru ini akan digunakan untuk mengembangkan usaha.

Related posts