Desember 16, 2018

Select your Top Menu from wp menus

BIPI akan terus fokus ke bisnis infrastruktur batubara

Britama.com – PT Benakat Integra Tbk (BIPI) semakin memantapkan jejaknya untuk fokus pada bisnis infrastruktur batubara. Hal itu ditandai dengan divestasi anak usaha pada bidang penjualan minyak mentah belum lama ini.

Keputusan tersebut diambil karena untuk menghindari volatilitas yang tinggi pada komoditas minyak. Michael Wong, Direktur Keuangan BIPI menyatakan, untuk fokus pada bidang infrastruktur, pihaknya harus melepas aset-aset yang tidak berhubungan pada bisnis infrastruktur.

Ke depan, pihaknya berencana mengembangkan bisnis pada bidang infrastruktur seperti pelabuhan, pembangkit listrik, dan lainnya. Emiten ini baru saja melakukan divestasi PT Indelberg Oil Indonesia kepada PT Pratama Media Abadi (PMA).

BIPI telah melakukan perjanjian jual beli saham dan pituang kepada PMA. Benakat Integra menjual 55,05% kepemilikan dan piutang pada anak usaha, yakni PT Indelberg Oil Indonesia (IOI). Bersamaan dengan itu, 2,13% kepemilikan BIPI di PT Indelberg Indoensia (II) juga dilepas.

Selain melakukan divestasi, BIPI menambah kepemilikan pada PT Mitratama Perkasa dengan mengakuisisi 30% saham PT Sumber Energi Andalan.

Nilai akuisisi ini berkisar USD120 juta. Sedangkan uang muka investasi yang sudah tercatat sampai dengan kuartal III-2017 sebesar USD107,74 juta. Uang muka tersebut dibayarkan kepada Long Haul Holdings Ltd.

Related posts