Agustus 18, 2018

Select your Top Menu from wp menus

Volume penjualan SMGR menurun

Britama.com – Semen Indonesia Tbk (SMGR) mencatatkan penurunan volume penjualan semen pada Juni 2018 sebesar 10,3% YoY menjadi 1,79 juta ton dibanding tahun lalu yakni 1,99 juta ton.

Penurunan penjualan semen ini beriringan dengan penurunan penjualan semen secara industri yang turun 11,1% menjadi 3,32 juta ton. Angka penjualan tersebut dipengaruhi oleh jumlah hari kerja pada bulan Juni lalu. Namun, SMGR tetap optimis target volume penjualan tahun ini tetap tercapai.

SMGR menargetkan dapat tumbuh 4% sampai 6%, sejalan dengan pertumbuhan dari konsumsi nasional tahun lalu yang sebesar 66,5 juta ton. Pada semester pertama 2018, total penjualan SMGR baik domestik maupun ekspor sebesar 14,66 juta ton, naik 3,1% ketimbang periode yang sama tahun lalu 14,21 juta ton.

Sebab, di semester dua secara historis konsumsi semen bisa meningkat dengan adanya proyek-proyek pembangunan properti ritel. Secara historis konsumsi semen pada semester II lebih tinggi dari peride Semester I. Selain itu, pembangunan proyek di segmen properti ritel lebih banyak terjadi pada semester kedua karena faktor cuaca. Umumnya, pembangunan proyek ritel menanti musim kemarau agar proyek tak terkendala oleh hujan.

Related posts