April 23, 2019

Select your Top Menu from wp menus

Akulaku Silver Indonesia akan menjadi Pemengang saham mayoritas di BBYB

Britama.com – Akulaku Silver Indonesia (Akulaku) akan menjadi pemegang saham mayoritas atau Pemegang Saham Pengendali Bank Yudha Bhakti Tbk (BBYB) sebagai bagian percepatan menjadi Bank berbasis digital. Pemegang saham mayoritas saat ini yakni PT Gozco Capital akan secara bertahap mengalihkan kepemilikannya kepada Akulaku.

Pada tahap awal, Akulaku akan mengambil 8,29% saham BBYB milik PT Gozco Capital melalui private placement. Sehingga komposisi kepemilikan Gozco menjadi 38,67% dari 42,16%, PT Asabri menjadi 21,91% dari 23,89%, PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanartha 5,45% dari 5,95% dan investor ritel 25,68% dari 28%.

Selanjutnya kepemilikan Akulaku akan naik melalui Penambahan Modal Dengan HMETD atau rights issue. Rencana Akulaku akan menambah modal Rp500 Miliar sehingga total kepemilikan Akulaku mencapai sekitar 25%. Dengan masuknya Akulaku, BBYB dapat menjaring nasabah pinjaman, dengan harapan 80% nasabah Akulaku akan menjadi nasabah simpanan BBYB.

Selain itu hal tersebut akan mempercepat proses BBYB menjadi bank berbasis digital. Saat ini BBYB tengah mempersiapkan infrastruktur program laku pandai.

Program ini diharapkan dapat beroperasi pada kuartal III 2019. Dengan demikian, tahun ini perseroan membidik pertumbuhan aset, kredit dan simpanan mencapai angka 30%.

Related posts