Desember 09, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

JSMR terbitkan dana Rp780 miliar dalam bentuk ekuitas

Britama.com – Jasa Marga Tbk (JSMR) mendapatkan dana Rp780 miliar dalam bentuk ekuitas dari penerbitan instrumen Kontrak Investasi Kolektif Dana Investasi Infrastruktur atau KIK Dinfra yang diklaim dapat memperkuat struktur permodalan perseroan.

Pada April 2019 lalu, JSMR bersama PT Mandiri Manajemen Investasi (MMI) telah meluncurkan DINFRA Toll Road Mandiri-001. Instrumen itu merupakan wadah berbentuk kontrak investasi kolektif yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal dan selanjutnya sebagian besar diinvestasikan pada aset infrastruktur dalam bentuk ekuitas oleh manajer investasi. Dana yang dihimpun dari Dinfra digunakan untuk berinvestasi di ruas tol Gempol- Pandaan.

Jalan tol tersebut dikelola oleh PT Jasa Marga Pandaan Tol (JPT). Investasi yang dilakukan MMI menggunakan 2 skema yaitu melalui rights issue yang dilakukan oleh JPT sekitar 19% saham senilai Rp300 miliar, serta pembelian saham sekitar 33% saham JSMR di JPT senilai Rp480 miliar.

JSMR telah melakukan penjualan saham perseroan sebanyak 33,11% dari modal ditempatkan di JPT kepada PT Trans Optima Luhur (TOL). Perseroan menjual sekitar 208,64 juta lembar dari saham ditempatkan di JPT sehingga TOL kini memegang kepemilikan di JPT. Dengan demikian, komposisi pemegang saham di JPT usai rights issue dan penjualan tersebut yakni JSMR 40%, PT Jalan Tol Kabupaten Pasuruan (JTKP) 6,19%, dan TOL 53,81%.

Related posts