Oktober 17, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

ASII perkuat bisnis sector properti

Britama.com – Astra International Tbk (ASII) akan memperkuat unit bisnisnya di sektor properti. Pada kuartal I 2019 lalu, ASII mengucurkan dana sebesar Rp291 miliar untuk pengembangan bisnis properti melalui anak usaha.

Beberapa proyek yang akan dikembangkan dan dituntaskan diantaranya produk residensial Asya dan Arumaya serta rest area Resto Pandoto 456 di Semarang, Jawa Tengah. Untuk proyek properti Asya, ASII telah memulai pembangunan 2 kluster rumah tapak di Jakarta Garden City, Jakarta Timur.

Proyek hunian Asya itu memiliki luas sebesar 70 ha. dengan investasi sebesar Rp 23 triliun untuk mengembangkan proyek prestisius tersebut. Sedangkan untuk proyek Arumaya dikerjakan bersama Hongkong Land dan saat ini ASII sedang dalam tahap penawaran. Sedangkan untuk rest area Resto Pandopo 456 di Jawa Tengah yang sebesar 3,3 ha dengan investasi mencapai Rp200 miliar diharapkan dapat beroperasi pada bulan Desember 2019.

Pada kuartal I 2019 lalu, segmen properti ASII menyumbang sekitar 2,38% dari total pendapatan perseroan. ASII baru mencatatkan kontribusi dari bisnis properti sejak tahun 2015.

Di samping proyek properti, ASII juga masih akan memacu pembangunan PLTU Jawa 4 berkapasitas 2×1000 megawatt di Jepara yang akan rampung pada tahun 2021. Perseroan juga baru saja mengakuisi ruas tol Surabaya-Mojokerto senilai Rp1,7 triliun dan akuisisi tambang emas Martabe senilai USD1 miliar.

Selain itu, pada Maret 2019 lalu ASII menyuntik dana sebesar USD100 juta ke perusahaan rintisan GoJek. Total investasi di unicorn lokal itu mencapai USD250 juta.

Related posts