Desember 06, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Fitch Rating menurunkan obligasi jangka panjang APLN

Britama.com – Fitch Rating telah menurunkan peringkat obligasi rupiah jangka panjang Agung Podomoro Land Tbk (APLN) dan obligasi jangka panjang sebesar USD300 miliar dengan kupon 5,95% dan jatuh tempo pada 2024 dari ‘B-‘ menjadi ‘CCC’.

Obligasi tersebut diterbitkan oleh anak usaha perseroan, APL Realty Holdings Pte.Ltd, yang dijamin oleh perseroan serta beberapa anak usahanya. Adapun penurunan rating tersebut mencerminkan risiko likuiditas dan refinancing yang meningkat, menyusul penundaan rencana penggalangan pendanaan yang awalnya direncanakan pada Mei 2019.

Tujuan penggalangan dana tersebut adalah untuk refinancing surat utang domestik jangka pendek yang telah jatuh tempo dan membayar utang sindikasi senilai Rp1,178 triliun.

Namun, perseroan hanya mendapatkan funding senilai Rp750 miliar dari kredit baru, yang dipakai untuk membayar obligasi dalam negeri yang jatuh tempo pada 6 Juni 2019. Penggalangan dana secara parsial telah mempercepat kredit sindikasi sebesar Rp1,178 triliun dari jatuh tempo jadwal sebenarnya pada 5 Juni 2020.

Disamping itu, APLN juga belum mendapatkan pendanaan untuk membayar utang sindikasi domestik sebesar Rp550 miliar yang akan jatuh tempo pada Desember 2019 dan Januari 2020.

Related posts