November 16, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

SMBR berencana bangun pabrik baturaja III di Jambi

Britama.com – Semen Baturaja Tbk (SMBR) berencana untuk membangun pabrik Baturaja III di Jambi. Perseroan mencanangkan kapasitas produksi pabrik ini sebanyak 2 juta ton.

Saat ini, perseroan memiliki pabrik di Baturaja dengan kapasitas 3,150 juta ton per tahun, Palembang 350.000 per tahun, serta Lampung 350.000 ton per tahun.

Sampai dengan semester I in, total permintaan wilayah Sumatera bagian selatan mencapai 2,549 juta ton atau lebih rendah 13% dari periode serupa tahun lalu tercatat 2,945 juta ton. Kendati permintaan semen di wilyah pasar Semen Baturaja turun, namun pangsa pasar tercatat meningkat 5% menjadi 35% per akhir Juni 2019.

Pada September ini, SMBR akan menyelesaikan pembangunan fasilitas semen curah di 3 lokasi yaitu di Baturaja, Palembang, dan Panjang (Lampung). Saat ini, progres pekerjaan konstruksi dan enginering masing-masing sudah mencapai 70% dan 90%.

Fasilitas ini akan terintegrasi dengan jaringan transportasi kereta api. Selain itu, perseroan juga berencana mengakuisisi tambang batu kapur di daerah sekitar pabrik Baturaja. Tujuannya untuk menjamin ketersediaan bahan baku pabrik eksisting (baturaja I dan II) juga sebagai entry barrier semen pesaing. Adapun, lokasinya berada sekitar 35-40 km dari pabrik eksisting tersebut, serta sudah memiliki IUP operasi produksi.

Related posts