Oktober 16, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

BRPT bentuk joint venture untuk kelola aset kehutanan

Britama.com – Barito Pacific Tbk (BRPT) membentuk joint venture atau usaha patungan untuk mengelola aset-aset kehutanan berupa tanah dan pabrik plywood yang dimiliki perseroan. Barito Wanabinar Indonesia (BWI), entitas anak BRPT dengan kepemilikan saham 99,99%, telah menandatangani perjanjian penyetoran saham dan perjanjian pemegang saham dengan Sumber Graha Sejahtera (SGS) pada 16 September 2019.

SGS merupakan salah satu entitas anak dari Samko Timber Limited (Singapura) yang bergerak di bidang pengolahan kayu lapis. Ketika perjanjian dengan SGS menjadi berlaku dan dilaksanakan, SGS akan melakukan penyertaan saham dalam Sumber Graha Maluku (SGM). SGM merupakan entitas anak BWI dengan kepemilikan saham 99,99%. Penyertaan saham dilakukan dengan cara mengambil alih bagian seluruh saham yang akan dikeluarkan oleh SGM.

Seluruh hasil yang diperoleh dari penerbitan saham baru tersebut akan digunakan SGM untuk melaksanakan kegiatan usaha SGM dan entitas anak di bawah SGM. Sementara setelah SGS masuk menjadi pemegang saham di dalam SGM, kepemilikan saham BWI di dalam SGM yang semula 99,99% akan terdilusi menjadi 49% sedangkan sisanya 51% akan dimiliki oleh SGS. Adapun jumlah investasi SGS dalam penyertaan saham tersebut senilai USD20,68 juta atau sekitar Rp294,61 miliar dengan kurs Rp14.425.

Rencana kerja saham ini bertujuan untuk memanfaatkan aset-aset kehutanan yang sudah lama tidak beroperasi. Perseroan bekerja sama dengan pihak ketiga pemodal untuk mengelola dan mengoperasikan aset-aset kehutanan tersebut. Sementara perseroan akan tetap fokus mengembangkan bisnis di sektor petrokimia dan energi.

Related posts