Oktober 16, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

FREN dapat peringkat obligasi idCCC+

Britama.com – Fitch Ratings Indonesia telah menaikkan peringkat nasional jangka panjang Smartfren Telecom Tbk (FREN) ke CCC+(idn) dari CCC(idn).

Kenaikan tersebut mencerminkan ekspektasi Fitch bahwa FREN akan tetap mempertahankan interest coverage di 1,0-1,5x dalam jangka menengah yang didukung oleh peningkatan profitabilitas yang kuat. Namun, profil kredit Smartfren tetap dibatasi oleh arus kas yang masih lemah, yang menyebabkan ketidakmampuan untuk membiayai operasinya tanpa pendanaan eksternal yang bersifat ekuitas.

Fitch mengekspektasikan FREN dapat mempertahankan interest coverage sekitar 1,0-1,5x dalam 18 bulan kedepan yang akan didukung oleh peningkatan jumlah pelanggan sehingga mendorong profitabilitas yang lebih baik.

Disamping itu, Fitch juga memperkirakan jumlah pelanggan FREN akan tetap lebih kecil dibandingkan dengan tiga operator terbesar di Indonesia dalam jangka menengah, meskipun pelanggan FREN sedang mengalami pertumbuhan.

Produk Smartfren unlimited 4G LTE data starter pack membantu perseroan untuk meningkatkan jumlah pelanggannya ke 17,8 juta pada akhir Juni 2019 (2018: 12,3 juta; 2017: 11,5 juta). Namun, penambahan pelanggan secara berkelanjutan akan bergantung terhadap kemampuan FREN untuk melanjutkan investasinya guna memperkuat infrastruktur 4G.

Related posts