November 18, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

GMFI masih optimis bisnis perawatan mesin pesawat

Britama.com- Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tbk (GMFI) menilai lini bisnis perawatan mesin masih memiliki ruang besar untuk bertumbuh dikarenakan airframe atau rangka pesawat sudah dipenuhi sementara engine dan komponen masih banyak maskapai MRO ke luar negeri.

Saat ini terdapat empat portofolio bisnis GMFI yakni dari line maintenance atau perawatan minor di Bandara, dan tiga sisanya perawatan perbaikan berat di hanggar yakni rangka pesawat, mesin, dan komponen lainnya.

Adapun fokus bisnis GMFI adalah maintenance, repair, dan overhaul (MRO). Sejak dua tahun lalu, GMFI berfokus meningkatkan kapabilitas untuk perawatan dan perbaikan mesin. Hasilnya, saat ini GMFI memiliki kapasitas sebanyak 50 slot untuk perbaikan mesin, namun jumlah tersebut masih minim dibanding potensi yang ada.

GMFI menilai setiap tahun di Indonesia terdapat 150 unit pesawat yang membutuhkan perbaikan mesin, sehingga di tahun 2020 mendatang GMFI ingin meningkatkan menjadi 70 dan di 2021 menjadi 120.

Kendati margin keuntungan dari perawatan mesin lebih tipis dibanding perawatan rangka pesawat, namun secara jumlah pendapatan perawatan mesin lebih besar sehingga kontribusi bagi pendapatan sangat besar dengan satu perawatan dapat mencapai USD6 juta.

Related posts