November 14, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

LEAD estimasi pendapatan bisa mencapai USD26,89 juta

Britama.com – Logindo Samudramakmur Tbk (LEAD) memperkirakan pendapatan pada tahun 2019 ini akan turun sekitar 10% dibanding tahun 2018 yang sebesar USD26,89 juta. Hal tersebut dikarenakan kapal-kapal besar LEAD baru mendapat kontrak di kuartal IV-2019.

Di sisi lain biaya-biaya perusahaan diperkirakan juga menyusut seiring adanya penjualan kapal-kapal yang sudah tua. Sebelumnya perseroan telah menjual 3 unit kapal yang sudah tua dengan perolehan USD300.000. Perseroan menyewakan kapal untuk kegiatan di dalam negeri.

Sebagian besar pelanggan mereka adalah Pertamina atau sekitar 60%, sisanya LEAD menyewakan armada ke beberapa perusahaan minyak internasional lainnya. Adapun, tahun ini LEAD mengalokasikan belanja modal sebesar USD 1 juta yang digunakan untuk perawatan kapal. Hingga kuartal III-2019 LEAD telah mendapat kontrak baru sebesar USD8,5 juta. Sementara pada Oktober 2019 LEAD telah memperoleh kontrak senilai USD7 juta.

Selain itu perseroan sedang mengikuti beberapa tender dengan nilai total sekitar USD23 juta. Perseroan optimis harga minyak yang cenderung stabil dan menguat membuat aktivitas eksplorasi dan produksi berpotensi terus meningkat dan akan mendorong penggunaan armada milik LEAD.

Saat ini tingkat utilisasi secara year to date sebesar 65% dari total 44 armada perseroan. Sementara tantangan bagi LEAD saat ini yakni banyaknya kapal-kapal offshore yang belum terutilisasi sehingga harga sewa masih tertekan belum ada peningkatan dari sebelumnya.

Related posts