November 17, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

INAF menargetkan laba sebesar Rp6,22 miliar

Britama.com – Indofarma Tbk (INAF) akan memacu penjualan segmen reguler untuk mengejar target laba sebesar Rp6,22 miliar. Perseroan berupaya mencapai target laba yang telah ditetapkan dalam rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP), meski masih mencatatkan rugi bersih per kuartal III/2019 sebesar Rp34,84 miliar.

Dikatakan bahwa segmen reguler tumbuh lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya, namun penjualan dari segmen tender menurun karena banyak tender Kementerian Kesehatan yang tertunda hingga kuartal IV 2019 sehingga kemungkinan pencapaian penjualan lebih rendah dari 2018.

Salah satu strategi yang ditempuh yakni memacu penjualan segmen reguler yang memberikan margin tebal. Tercatat penjualan INAF turun 21,05% secara tahunan.

Penjualan yang terkoreksi seiring dengan penjualan di pasar lokal yang turun 21,39%, sedangkan penjualan di pasar ekspor naik 4,48%. Penjualan di pasar lokal yang menurun terjadi di seluruh segmen. Penjualan segmen obat resep turun 18,64%, diikuti segmen obat bebas yang turun 31,61%.

Penjualan alat kesehatan, diagnostik dan lainnya juga turun 31,25% secara tahunan. penjualan perseroan berasal dari tiga segmen yakni reguler, e-katalog, dan tender. Segmen tender untuk memenuhi kebutuhan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan, biasanya berupa obat generik bermerek.

Adapun, segmen reguler untuk memasok ritel apotik, rumah sakit, dan puskesmas. Sementara itu, segmen e-katalog untuk BPJS Kesehatan dan rumah sakit pemerintah.

Related posts