November 17, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

JSMR menargetkan penghimpunan dana hingga Rp3 triliun

Britama.com – Jasa Marga Tbk (JSMR) menargetkan penghimpunan dana hingga Rp3 triliun pada sisa tahun ini melalui penerbitan kontrak investasi kolektif efek beragun aset (KIK EBA) syariah dan dana investasi infrastruktur (DINFRA).

Hal tersebut sehubungan perseroan harus menyiapkan sekitar Rp20 triliun untuk pembayaran proyek turnkey Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Elevated II di tahun 2020. Untuk itu perseroan akan mencoba pendanaan alternatif melalui sekuritisasi syariah yang pertama dengan underlying ruas jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) yang dimiliki perseroan.

Proyeksi dana yang bisa dihimpun tidak jauh beda dengan KIK EBA sebelumnya yang senilai Rp2 triliun. Selain itu JSMR juga berencana mengeluarkan Dinfra kedua tahun ini dengan opsi underlying salah satu ruas di tol Trans-Jawa.

Penerbitan Dinfra kedua tersebut antara Rp500 miliar hingga Rp1 triliun dan diharapkan bisa dilaksanakan pada kuartal akhir 2019. Hingga saat ini perseroan belum memulai proses di OJK karena sedang melakukan pendekatan di market untuk mengetahui permintaan pasar.

JSMR menyiapkan anggaran Rp10-20 triliun untuk pembayaran proyek turnkey jalan tol tahun depan. Sejumlah sumber pendanaan dirancang, mulai dari penerbitan Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK-EBA) syariah, pinjaman bank, hingga divestasi ruas jalan tol. Sebanyak 70% dari anggaran pembayaran turnkey sudah dipenuhi dari pinjaman bank, sedangkan 30% sisanya dari ekuitas akan dicari perseroan.

Related posts